Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tempat Camping di Yogyakarta, Ada Lokasi Tepi Waduk dan Sungai

Kemping atau camping menjadi satu diantara aktivitas untuk isi waktu liburan. Dengan camping, kita bisa lakukan banyak aktivitas di alam terbuka hingga makin dekat sama alam.

9 Tempat Camping di Yogyakarta, Ada Lokasi Tepi Waduk dan Sungai


Salah satunya kota yang sediakan spot camping ialah Yogyakarta. Bukan rahasia kembali, Kota Gudeg ini mempunyai kekayaan dan pemandangan alam cantik.

Berikut sembilan tempat camping di Yogyakarta seperti diringkas Kompas.com. Lokasi camping tidak terus-terusan di pegunungan atau bukit-bukit, tapi juga di pinggir waduk dan sungai.

Tempat Camping Dewi Tinalah

Dewi Tinalah atau Desa Wisata Tinalah memiliki tempat camping yang banyak dipilih oleh berbagai instansi, lembaga tau organisasi untuk kegiatan pramuka, gahtering dan berbagai kegiatan camping lainnya. Lokasi ada di Kalurahan Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta

Gunung Api Purba

Gunung Api Purba sebagai gunung berapi yang tidak aktif. Mencuplik dari Kompas.com (26/3/2022), umur Gunung Api Purba diprediksikan sekitaran 60-70 juta tahun.

Gunung Api Purba menjadi satu diantara spot camping favorite di Yogyakarta. Lokasi camping atau camping ground berada sekitaran 50 mtr. dari pucuk yang namanya Gunung Besar.

Gunung Api Purba mempunyai ketinggian 700 mdpl, hingga cukup ramah untuk pendaki pemula. Sekitaran Gunung Api purba ada objek rekreasi yang lain yaitu Dusun Rekreasi Nglanggeran, Embung Nglanggeran, air terjun Kedung Kandang, dan yang lain.

Lokasi Gunung Api Purba ada di Dusun Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Camping tidak terus-terusan di bukit-bukit atau pegunungan. Kamu dapat coba kesan camping di pinggir waduk. Nach, salah satunya lokasi camping tepi waduk di Yogyakarta ialah Waduk Sermo.

Waduk Sermo

Waduk Sermo sebuah bendungan yang ada di Desa Sermo Lor, Dusun Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Ada sarana glamour camping (glamping) di waduk ini, yaitu Sermo Glamour Camp, seperti diambil dari Kompas.com (12/5/2021).

Sepanjang bermalam di tenda, pelancong bisa lakukan beberapa kegiatan di tempat waduk diantaranya naik seperti, perahu, memancing, acara pesta barbeque, api unggun, dan tentu saja menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset.

Bukit Ngisis

Tempat camping di Yogyakarta setelah itu Bukit Ngisis, yang ada di teritori kebun teh Nglinggo. Persisnya di Dusun Pagerharjo, Kecamatan Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Bukit Ngisis tawarkan keindagan pemandangan alam dari ketinggian, hingga pas sebagai lokasi camping. Pelancong akan disuguhi dengan panorama pegunungan di Jawa tengah, seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing.

Faksi pengurus rekreasi sudah sediakan tempat khusus camping. Selainnya camping, pelancong dapat nikmati beberapa objek rekreasi di dekat Bukit Ngisis, diantaranya kebuh teh Nglinggo, Borobudur Highland, Pucuk Widosari, Tumpeng Menoreh, dan yang lain.

Kamu bisa juga pilih sarana glamping di Bukit Ngisis, yaitu Glamping DeLoano. Sarana ini tawarkan kesan tidur di hotel tetapi di tengah-tengah alam terbuka.

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu tawarkan sarana glamping. Disamping itu, objek rekreasi ini diperlengkapi dengan sarana lain seperti spot photo, restaurant, tempat outbond, masjid, toilet, dan yang lain.

Berdasar info dari Kompas.com (3/7/2019), lokasi ini dinamakan Bukit Lintang Sewu karena di atas pucuk bukit pengunjung dapat menyaksikan bintang di langit dan kerlap-kerlip lampu Yogyakarta saat malam. Dari pucuk bukit, seakan jumlah bintang atau lintang (dengan bahasa Jawa) itu capai beberapa ribu.

Beberapa sarana glamping Bukit Lintang Sewu mencakup peralatan tidur, toilet, dan listrik . Maka, pengunjung tidak pakai repot bawa membawa perlengkapan camping karena telah ada terhitung tenda dan selimut.

Bukit Lintang Sewu ada pada ketinggian 500 mdpl. Lokasinya ada di Desa Karangasem, Kelurahan Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Stone Park Turunan di Gunungkidul

Stone Park Turunan di Gunungkidul, Wilayah Spesial Yogyakarta (DIY), sebagai salah satunya spot terbaik untuk melihat matahari keluar atau sunrise.

Tidaklah aneh, Stone Park Turunan menjadi satu diantara lokasi camping di Yogyakarta. Berdasar info dari Kompas.com (24/6/2022), objek rekreasi ini ada teritori bukit-bukit dengan tinggi 230 mdpl.

Dari lokasi ini, pelancong dapat menyaksikan Sungai Oya yang berliku. Bila untung, pelancong bisa menyaksikan pemandangan cantik lautan kabut yang menyelimutinya lembah Sungai Oya saat pagi hari

Stone Park Turunan ada di Girisuko, Kepanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Bukit Klangon

Bukit Klangon tawarkan panorama menarik, yaitu pucuk Gunung Merapi yang keluarkan asap. Mahfum, lokasi bukit ini cuma sekitaran empat km dari pucuk Gunung Merapi, seperti diambil dari Kompas.com (17/6/2021).

Tidaklah aneh, Bukit Klangon menjadi satu diantara spot camping favorite beberapa pecinta alam. Lokasinya ada di Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Tetapi, pelancong yang akan lakukan aktivitas camping harus ketahui info berkaitan kegiatan Gunung Merapi untuk keselamatan. Sudah diketahui, gunung berapi tersebut aktif sampai sekarang ini.
 

Watu Mabur Camp

Watu Mabur Camp sebagai objek rekreasi sekalian tempat camping Yogyakarta. Daya magnet Watu Mabur Camp ialah panorama cantik dari pinggir tebing.

Pengunjung bisa menyaksikan panorama Sungai Oyo dan sawah terasering dari ketinggian. Bila untung, kamu dapat nikmati pemandangan kabut yang melimuti lokasi ini saat pagi hari.

Lokasi Watu Mabur Camp ada di Lembah Bang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Selainnya camping, pengunjung bisa juga pilih sarana glamping yang disiapkan oleh faksi pengurus.

Pelancong bisa juga nikmati objek rekreasi disekitaran Watu Mabur Camp, diantaranya gardu pandang, susur goa satu diantaranya Goa Gajah, dan lain-lain.

Ledok

Tempat camping di Yogyakarta setelah itu Ledok . Daya magnet Ledok ialah lokasi camping di tepi sungai.

Ledok ada di tempat lembah pinggir sungai . Maka, pengunjung dapat nikmati pemandangan pinggir sungai yang asri diperlengkapi dengan angin segar ciri khas pegunungan.

Lokasinya ada di Jalan Kaliurang Nomor 2, Tempat Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Selainnya camping, beberapa aktivitas yang lain di Ledok ialah rekreasi di tepi sungai, flying fox, paint ball, river tubing, outbond, dan yang lain.

Posting Komentar untuk "9 Tempat Camping di Yogyakarta, Ada Lokasi Tepi Waduk dan Sungai"